AUGMENTED REALITY PENGENALAN KOMPLEKS PERKANTORAN KOTA BAGANSIAPIAPI BERBASIS ANDROID

  • Rini Khairani Universitas Abdurrab
  • Luluk Elvitaria Universitas Abdurrab
  • Salamun Universitas Abdurrab
Keywords: Augmented Reality, 3d, Bagansiapiapi, gedung, perkantoran

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Augmented Reality (AR) dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya dapat digunakan untuk pengenalan gedung perkantoran. Kota Bagansiapiapi tumbuh dan berkembang dengan cepat, baik fisik wilayah perekonomian, sosial, budaya dan jumlah penduduk. Dengan sering berkembangnya kota Bagansiapiapi membangun beberapa gedung-gedung dan pusat perkantoran. Dengan semakin banyaknya gedung-gedung perkantoran harus pula diimbangi dengan fasilitas informasi gedung dan lokasi gedung, agar masyarakat umum dapat mengenalnya. Untuk mempermudah dalam mengenal gedung perkantoran dapat menerapkan teknologi Augmented Reality pengenalan gedung perkantoran kota Bagansiapiapi berbasis Android, sehingga mampu memberikan pengalaman baru yang menarik dan interaktif bagi masyarakat, karena objek gedung yang ditampilkan berupa objek tiga dimesi bukan lagi hanya gambar dua dimensinya saja

References

1. Repi R. Perkembangan Struktur dan Bentuk Ruang Kota Bagan Siapiapi. Arsit Melayu dan Lingkung. 2014;1(2):75–94.
2. Aldi A. Aplikasi Pengenalan Hewan dengan Teknologi Marker Less Augmented Reality Berbasis Android. DOUBLECLICK J Comput Inf Technol. 2017;1(1):1. doi:10.25273/doubleclick.v1i1.1312
3. Sutha, Wijayanti Diah. No Title. Pertama. Sidoarjo: Indomedia Pustaka; 2018.
4. Kusuma MR, Djamil H, Bastian I, Rosadi A. Pembuatan Visual Novel dengan Tujuan Edukasi Berbasis Android. Semin Nas Teknol Inf dan Komun 2017. 2016:8–14.
5. Firly N. Android Application Development For Rookies with Database. jakarta: desember 2019; 2019.
6. Hendratman H. The Magic Of Blender 3D Modelling. Kedua. Bandung: Informatika; 2015.
7. Arya Wiratama IK, Care Khrisne D, Sudarma M. Augmented Reality Berbasis Android Untuk Pengenalan Peralatan Laboratorium. J SPEKTRUM. 2018;5(1):89. doi:10.24843/spektrum.2018.v05.i01.p13
8. Qadriyanto M, Bahri S. Rancang Bangun Aplikasi Visualisasi 3d Furniture Interior Rumah Menggunakan Augmented Reality Dengan Metode Markerless Berbasis Android. J Coding. 2018;06(03):237–246.
9. Sinicki Adam. UNITY UNTUK PENGEMBANGAN GAME ANDROID SEBUAH PANDUAN LENGKAP UNTUK DESIGN, PENGEMBANGAN HINGGA PEMASARAN GAME. bahasa ind. yogyakarta: ANDI; 2019.
10. Roedavan. Tutorial Game Engine. Kedua. Bandung: Informatika; 2018.
Published
2020-12-09
Section
Articles